Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-08-09

Tokyo Metro 08 - 東京メトロ08系

Tokyo Metro 08 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Hanzomon antara stasiun Shibuya dengan stasiun Oshiage, dan melakukan perjalanan terusan/thru service ke jalur Tokyu Denentoshi hingga stasiun Chuo-Rinkan dan Tobu Isesaki hingga stasiun Minami-Kurihashi, yang berpangkal di dipo Saginuma yang terletak di jalur Tokyu Den-en-toshi.

Desain KRL ini dirancang dengan 4 pintu di setiap sisinya dan satu pintu pada sisi muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah. Penampil tujuan pada KRL ini menggunakan penampil LED dengan konsumsi daya yang rendah.

Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
  • Tokyu Den-en-toshi: stasiun Chuo-rinkan hingga stasiun Shibuya
  • Tokyo Metro Hanzomon: stasiun Shibuya hingga stasiun Oshiage
  • Tobu Isesaki: stasiun Hikifune hingga stasiun Minami-kurihashi
KRL ini diproduksi sebanyak 6 set rangkaian 10 kereta yang keseluruhannya berjumlah 60 unit kereta. Sistem penggerak utamanya adalah VVVF-IGBT yang dilengkapi inverter statis (SIV), yang mengambil konsep desain dari Tokyo Metro seri 05N dan Hitachi A-Trains.

Foto KRL Tokyo Metro 08:


KRL ini dirakit oleh pabrik Nippon Sharyo dengan bodi alumunium alloy yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tokyo Metro Hanzomon/地下鉄半蔵門線: 80 km/h
- Jalur Tobu Isesaki/東武伊勢崎線: 110 km/h
- Jalur Tokyu Den-en-toshi/東急田園都市線: 110 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 141 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 152 orang/人 (54 tempat duduk/座席)
- Tengah berongga/車いすスペース付中間車: 153 orang/人 (51 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1500 orang/人 (+/- 522 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.240 mm (20,24 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)

10. Tinggi kereta/全高 : 4.022 mm
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.080 mm

11. Massa per kereta/車両質量 : 21,5 - 32,1 ton

12. Massa total rangkaian/編成質量 : 269,6 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Keluaran daya/編成出力 : +/- 3.280 kW

16. Gear ratio/歯車比 : 87:14 (6,21)

17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

19. Bogie/台車 : ND-730 monolink bolsterless/モノリンク式ボルスタレス台車

20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif jenis TRT-11/ATC TRT-11 連動電気 指令式空気ブレーキ  

21. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyo Metro CS-ATC, Tokyu CS-ATC, Tobu ATS

22. Tahun pembuatan/製造年 : 2003 (Heisei 15/平成15年)

Sistem inverter KRL jenis ini menggunakan inverter statis (SIV) buatan Toshiba yang berseri INV154-A0.

Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah KuHa 08-1xx - MoHa 08-2xx - MoHa 08-3xx - SaHa 08-4xx - MoHa 08-5xx - SaHa 08-6xx - SaHa 08-7xx - MoHa 08-8xx - MoHa 08-9xx - KuHa 08-0xx, di mana xx adalah angka dari 01 hingga 06, yang susunan keretanya adalah:

CT-M1-M2-T-Mc1-Tc-T-M1-M2 (5M5T),

dengan pantograf jenis lengan tunggal (single arm) yang berjumlah dua pada kereta M1 dan satu pada kereta Mc1.

Rangkaian seri ini juga memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta paling belakang atau kereta ke-10 (07-0xx).

Keterangan:

CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
Mc1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak, pantograf tunggal dan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
5M5T = rangkaian dengan 5 kereta bermotor traksi dan 5 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 08 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar