Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2012-01-07

Uji Coba Eks JR East 103 Batch KeYo E22 - 元JR東日本103系のケヨE22編成に試運転

Pada hari ini di tengah guyuran hujan deras yang terus mengguyur wilayah Jabodetabek sejak pagi, penulis mendengar kabar bahwa akan dilakukan uji coba 1 set rangkaian 4 kereta (4連編成) eks JR East 103 dengan nomor batch KeYo E22 (salah satu rangkaian seri 103 dengan kaca kabin masinis sempit dan tinggi) yang sempat menjalani perawatan di Balai Yasa Manggarai.

Tanpa banyak membuang waktu, penulis pun bergerak menuju stasiun Manggarai, dan benar saja, penulis mendapati rangkaian tersebut sedang dipersiapkan untuk mulai diujicobakan menuju stasiun Bogor, yang kemudian rangkaian dengan 4 kereta tersebut bergerak menuju tempat tujuan akhir lintas selatan tersebut.

Seperti halnya rangkaian KeYo E21 dan E27 yang kini berada di Dipo Bogor untuk berdinas reguler sebagai KRL AC Bogor-Jakarta pp, rangkaian KeYo E22 ini memiliki strip ala JR Tokai dan warna tralis pelindung kaca depan kabin masinis berwarna hitam, yang mana rangkaian KeYo E20 yang masih berada di dalam Balai Yasa Manggarai akan segera menyusul rangkaian ini untuk diuji coba dan kemudian digandengkan menjadi satu rangkaian 8 kereta dengan KRL ini.

Berikut dokumentasi dari Bpk. Budi Surono pada hari ini:

 
Eks JR 103, rangkaian KeYo E22, di samping rangkaian KeYo E21
元JR東日本103系、ケヨE22編成、ケヨE21の右にで
 

Eks JR 103, rangkaian KeYo E22, di dalam Dipo Bogor
元JR東日本103系、ケヨE22編成、ボゴル車庫の中にで

Susunan rangkaian KeYo (ケヨ) E22 ini adalah sebagai berikut:

KuHa (クハ) 103-359 (TC1) - MoHa (モハ) 103-654 (M1) - MoHa (モハ) 102-810 (M2) - KuHa (クハ) 103-384 (TC2)

di mana kedua kereta ujung menggunakan pola interior khas kereta khusus wanita (女性専用車) seperti halnya rangkaian seri 103 kaca rendah KeYo E21 & E27, dan pada bagian muka tercetak logo baru PT. Kereta Api Indonesia (Persero) seperti pada rangkaian KeYo E21.

Demikian laporan yang dapat penulis berikan pada malam hari ini, semoga bermanfaat.

Keterangan:

MoHa (モハ) 103 = kereta tengah bermotor traksi, dengan pantograf
MoHa (モハ) 102 = kereta tengah bermotor traksi, tanpa pantograf
KuHa (クハ) 103 = kereta ujung tanpa motor traksi dan berkabin masinis

Tambahan | おまけ


Toei 6000 rangkaian 27F (6271F), stasiun Bogor
元都営6000系27F編成、ボゴル駅にで

1 komentar: