Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2012-04-14

Tokyu 7500 (TOQ-i) - 東急7500系

Pada kesempatan ini penulis akan membahas salah satu seri KRL Tokyu Corporation yang terbilang baru, yaitu Tokyu 7500 atau oleh pihak Tokyu Corporation disebut juga dengan TOQ-i.

Kedua unit kereta ini merupakan kereta inspeksi sekaligus kereta penolong yang diproduksi Tokyu Car Corporation untuk menggantikan kereta inspeksi & penolong seri 7200 yang sudah habis masa operasinya sejak 26 Februari yang lalu.

Desain kedua kereta ini sangat berbeda dengan seri 7200 di mana terdapat perangkat "catenary eye" pada bagian di sekitar pantograf dan sistem pantografnya pun sudah menggunakan model single arm yang sama seperti seri 7000 batch kedua.

Kedua unit KRL ini masing-masing dilengkapi empat pintu akses ke dalam kabin masinis, satu pintu otomatis dengan sistem kerja katup pneumatik dan dua pintu di muka kabin masinis yang selain dapat berfungsi sebagai penghubung antar unit kereta, pintu tersebut juga dapat difungsikan sebagai pintu darurat sebagai syarat keselamatan untuk perjalanan kereta di jalur bawah tanah.

Tentu saja terdapat ciri khas yang mempermudah identifikasi selain penomorannya, yaitu warna strip bagian muka dan samping di mana untuk unit pertama memiliki strip berwarna biru sementara unit kedua memiliki strip berwarna kuning. Kedua unitnya juga didesain untuk dapat berjalan secara solo karena memiliki dua kabin masinis di kedua ujungnya.

Perbedaan mencolok tampak dari unit DeYa 7550 yang memiliki kotak dengan pembersih kaca berukuran kecil di bagian atap seperti halnya DeYa 7290, sementara DeYa 7500 memiliki struktur atap yang hampir sama dengan DeYa 7200.

Dari segi bentuk muka, kedua kereta ini memiliki model muka kabin yang hampir sama seperti seri 7700, hanya saja lampu di bagian atas lebih besar dan difungsikan sebagai lampu penerangan jalur seperti seri 5000 buatan tahun 2002, sementara lampu penerangan di bawah kaca dihilangkan dan menyisakan lampu tanda akhiran kereta (semboyan 21-Indo) yang berwarna merah.

Berikut ini gambaran dari kedua unit seri 7500 tersebut:


DeYa 7500 & DeYa 7550,  uji coba di dipo Nagatsuta
デヤ7500とデヤ7550、長津田車区の試運転にで

Spesifikasi sementara yang penulis peroleh dari kedua unit tersebut:

1. Formasi/編成 : 2 kereta/2両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 100 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 100 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Panjang kereta/全長 : 18.000 mm (18 m)

7. Lebar kereta/全幅 : 2.744 mm (2,744 m)

8. Tinggi kereta/全高 : 4.100 mm (4,1 m)

9. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

10. Mode kelistrikan/電気方式 : 1500 V DC sistem aliran atas (1500 V直流、架空電車線方式)

11. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御方式

12. Bogie/台車 : TS-1019A bolsterless dengan pegas udara/ボルスタレス方式空気バネ台車

13. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : Pengereman regeneratif elektropneumatik/電磁直通弁式空気ブレーキ

14. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyu ATS & CS-ATC

15. Tahun pembuatan/製造年 : 2012 (Heisei 24/平成24年)

Demikian tulisan ini disusun sebagaimana mestinya, semoga informasi ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Sumber: tokyu.tv dan arsip pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar